Makanan yang masuk ke dalam tubuh selain berpengaruh untuk kesehatan fisik juga dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Jika seseorang sering merasa stres, maka cobalah untuk memeriksa makanan yang telah dimakan. Hal ini karena kemungkinan bukan masalah pekerjaan atau masalah di rumah yang membuat seseorang menjadi stres, tetapi stres dapat disebabkan karena makanan yang dikonsumsi.

Makanan dan Minuman Pemicu Stres
     Makanan yang mengandung kadar garam dan lemak tinggi merupakan makanan yang dapat memicu stres. Penyebabnya karena pada makanan tersebut dapat memacu produksi hormon stres yaitu hormon kartisol. Hormon tersebut dapat menghambat kerja dari serotonin yang berperan mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang karena sifatnya menenangkan dan mengontrol rasa gelisah. Efek lain dari adanya kartisol adalah menyebabkan pelepasan hormon neuropeptide Y dan hormon galanin yang dapat membuat seseorang ingin mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan yang manis.
     Makanan siap saji seperti bakso, sosis, nugget atau makanan kaleng merupakan beberapa makanan yang dapat memicu stres karena pada makanan tersebut banyak mengandung garam dan lemak. Karbohidrat sederhana seperti roti dan mie juga merupakan makanan penyebab stres. Memilih minuman yang beralkohol, kopi serta minuman dengan kadar kafein tinggi juga dapat menyebabkan stress dan tidak baik untuk mood seseorang. Mengurangi minum minuman tersebut agar tidak memicu stres.
Makanan dan Minuman Pereda Stres
     Kandungan vitamin B, omega 3, asam folat, magnesium dan vitamin C menjadikan makanan sebagai makanan pereda stres. Pilihlah makanan yang mengandung antioksidan sehingga dapat membantu melancarkan fungsi memori.
     Alpukat, pisang, ikan salmon, ikan sardin, ikan tuna, susu, dan yoghurt banyak mengandung vitamin B. Sedangkan asam folat dapat diperoleh dari oatmeal, dan jeruk. Magnesium dapat membantu seseorang tidur pulas banyak terdapat pada sayur bayam atau tofu yang dapat membantu tubuh memproduksi dopamin. Sedangkan makanan yang mengandung vitamin C yaitu pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan jambu biji.
     Untuk mendapatkan berbagai manfaat yang diinginkan, maka menu makanan seseorang hendaknya dikombinasikan. Ketika jam makan, pilihlah makanan dengan kandungan protein, lemak sehat dan karbohidrat yang kompleks. Kombinasi yang baik dapat membuat gula darah stabil dan mengurangi keinginan untuk memakan cemilan.
     Selain itu, juga ada beberapa minuman yang mampu mengurangi stres. Beberapa minuman tersebut yaitu air putih dan teh. Cukup dengan minum air putih sebanyak 2 liter per hari atau dengan menyeruput secangkir teh dapat menenangkan hati seseorang. Apalagi jika minum the bersama keluarga serta dalam suasana yang menyenangkan, maka tentu akan menjauhkan seseorang dari stres.

     Demikian adalah beberapa makanan dan minuman pemicu dan Pereda stress. Kopi adalah salah satu minuman yang bisa mempengaruhi mood seseorang. Pilihlah makanan dan minuman yang tepat agar anda tidak tambah stres.