Potongan Kayu Karya Danh Vo di Rooftop Galeri Nasional Singapura

 Jika berkunjung ke Galeri Nasional Singapura, singgahlah ke bagian atap atau rooftop dari museum galeri seni yang berada di 1 Saint Andrew's Road tersebut. Dibuka pada 4 November 2016 lalu, seni instalasi karya seniman Vietnam kelahiran Denmark, Danh Vo tengah dipamerkan. 

Patung-patung berbentuk potongan kayu yang berfungsi sebagai tempat duduk itu menjadi instalasi outdoor pertama Danh Vo di Singapura. Kerja Vo mengeksplorasi isu-isu identitas lintas budaya yang juga berdasarkan pengalaman pribadi dari seniman. 

Salah seorang staf galeri yang memberikan penjelasan pada awak media mengatakan material kayu menjadi salah satu tantangan tersendiri. "Kami harus mencari kayu yang kuat untuk enam bulan lamanya. Dan juga kayu ini harus kuat dari berbagai cuaca, baik hujan dan panas," ujarnya kepada detikHOT, belum lama ini. 

Potongan Kayu Karya Danh Vo di Rooftop Galeri Nasional Singapura
"Cuaca panas pun harus seperti ini, ketika terik-teriknya matahari. Potongan kayu tidak boleh lapuk atau hancur karena cuaca Singapura, kami memikirkan segalanya," lanjutnya lagi. 

Karrya-karya Vo kerap kali mengeksplorasi persoalan tema sejarah, sosial, atau politik yang lebih luas. Terutama yang berkaitan dengan sejarah Vietnam di akhir abad ke-29. Proyek ini merupakan kelanjutan dari praktik yang sudah ada, dan instalasi ini menjadi highlight dalam program Galeri Nasional Singapura. 

Potongan Kayu Karya Danh Vo di Rooftop Galeri Nasional Singapura