PRINGSEWU (PeNa)-Penjabat Bupati Pringsewu, Yuda Setiawan bagikan penghargaan usai memotong tumpeng di Hari Ulang Tahun Pringsewu ke-8. Prosesi tersebut dilakukan di halaman perkantoran pemerintah daerah setempat, Selasa (4/4).

Momentum tersebut dimanfaatkan Yuda untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan masyarakat, sekaligus untuk menorehkan perjuangan, pengabdian, dan karya nyata dalam membangun serta mewujudkan kesejahteraan di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis.

"Peringatan HUT Kabupaten Pringsewu kali ini memiliki makna penting karena begitu banyak perubahan-perubahan yang dapat dirasakan dengan  meningkatnya APBD Kabupaten Pringsewu, dimana untuk 2017 ini mencapai Rp.1.236.357.256.603,00," kata dia. 

Menurutnya, semua keberhasilan yang telah dicapai sekarang ini harus ditingkatkan atau setidaknya dipertahankan agar kedepan bisa lebih baik. "Oleh sebab itu, atas semua keberhasilan yang telah dicapai, hendaknya kita pertahankan dan lebih ditingkatkan. Sedangkan untuk program-program yang dinilai belum mencapai sasaran, mari kita evaluasi kembali dan bekerja lebih keras di masa-masa mendatang," terang dia. 

Dijelaskan mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung tersebut, bahwa dalam membangun satu daerah harus dengan kebersamaan yang kokoh."Dengan komitmen yang tinggi dan rasa kebersamaan dalam semangat 'Jejama Secancanan', niscaya apa yang menjadi cita-cita dan harapan, yaitu mewujudkan 'Pringsewu Unggul, Dinamis dan Agamis' dapat tercapai," jelas dia. 

Terkait penghargaan dimaksud, Yuda memberikannya kepada aparatur sipil negara untuk masa pengabdian 30, 20, dan 10 tahun berupa Satyalencana Karyasatya.  Selain itu,  hadiah bagi para pemenang lomba desa tingkat Kabupaten Pringsewu tahun 2017 juga dibagikan kepada Pekon Sriwungu Kecamatan Banyumas (juara l), Pekon Lugusari Kecamatan Pagelaran (juara ll), dan Pekon Klaten Kecamatan Gadingrejo (juara lll).  Kemudian pelaksana terbaik Gotongroyong Masyarakat, yaitu Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu (terbaik l), Pekon Tanjungrusia Timur Kecamatan Pardasuka (terbaik ll), dan Pekon Ambarawa Timur Kecamatan Ambarawa (terbaik lll). 

Tidak hanya kepada jajarannya, Pemkab Pringsewu juga memberikan penghargaan kepada Kapolsek Pagelaran AKP Heri Sugito sebagai Polisi Peduli Sanitasi, Paguyuban Sanitasi Jamban Sewu Kecamatan Pagelaran untuk kategori Masyarakat Peduli Sanitasi, serta Kepala Pekon Patoman Kecamatan Pagelaran Sudiyono sebagai Kepala Pekon Peduli Sanitasi.

Pemotongan tumpeng diacara tersebut, Yuda pun membagikan potongan tumpeng kepada Sujadi dan Fauzi sebagai bupati dan wakil bupati Pringsewu terpilih, kemudian kepada mantan ketua Panitia Persiapan Pembentukan Kabupaten Pringsewu, Wanawir, wakil ketua DPRD Sagang Nainggolan, selanjutnya kepada jajaran muspida dan sekretaris daerah Budiman. Kegiatan diakhiri dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Keputran, Kabupaten Pringsewu, serta ramah tamah di lobi kantor Pemkab Pringsewu. PeNa-spt.