TANGGAMUS : Gubernur Lampung Ridho Ficardo membuka Musabaqo Tilawatil Qur'an (MTQ)Tingkat Provinsi Lampung ke-44 tahun 2016, di Islamic Center Kabupaten Tanggamus, Kamis malam (21/04/2016).

Kabupaten Tanggamus menjadi Tuan Rumah pada MTQ Provinsi Lampung ke-44 tahun ini. Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan Gubernur Ridho Ficardo yang diikuti Bupati/Walikota se-Lampung.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan agar MTQ bisa menjadi sarana syiar,membumikan nilai-nilai intisari Al-quran dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Ridho juga berharap dari gelaran MTQ kali ini Provinsi Lampung bisa meningkatkan prestasinya ditingkat nasional.

"Tahun lalu kita mengalami peningkatan. Saya harap pada MTQ Nasional berikutnya bisa masuk 10 besar, dulu Lampung sudah pernah mudah-mudahan kembali masuk 10 besar." ujar Ridho.

Dalam sambutannya tersebut Ridho memaparkan bahwa Pemprov Lampung dan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Lampung terus berupaya agar Bandara Raden Inten II bisa menjadi embarkasi haji.

"Kita terus berusaha keras agar Bandaar Raden Inten bisa menjadi bandara Internasional bisa menjadi embarkasi haji. Sehingga bisa langsung dari Lampung menuju Jedah. Mohon doa dan dukungan." kata Gubernur.

Ridho juga menjelaskan terus memberikan dukungan berupa bantuan dalam bidang keagamaan seperti memberikan perhatian dalam bentuk insentif kepada 3000 guru ngaji di Lampung dan ratusan bantuan untuk Imam Masjid dan bantuan dana pendidikan untuk anak-anak penghapal Al-Quran yang kedepan bantuan akan terus ditingkatkan.

Diakhir sambutan Ridho menitipkan pesan kepada Bupati/Walikota agar menghidupkan pengajian dan majelis taqlim, guna menanamkan nilai-nilai kegamaan di tengah masyarakat.

" Karena kita terus menghadapi tantangan moral, Provinsi Lampung dengan letaknya yang strategis memiliki yantangan dan dinamika yang lebih kuat . Lewat kegiatan keagamaan kita bisa melewati berbagai tantangan salah satunya bahaya narkoba, untuk itu saya himbau agar kepala daerah  lakukan tindak-tindakan antisipatif." Himbau Gubernur.

Acara berlangsung meriah menampilkan berbagai pertunjukan mulai dari drumband, tari kolosal hingga penampilan artis Ibukota Wali Band. Beberapa Bupati/Walikota turut menghadiri pembukaan MTQ, Forkopimda dan tamu undangan.