Pasca kemunculan All New Honda CBR150R, banyak konusmen yang menilai jika sosok motorsport kelas 150cc kepunyaan Yamaha yakni R15 sudah ketinggalan jaman. Terlebih lagi model Yamaha R15 di Indonesia merupakan mdoel yang sudah cukup lama malang melintang di India sejak tahun 2011. Maka tak heran jika penjualan Yamaha R15 tidak lagi semoncer dulu, ditambah kini Honda memiliki varian baru CBR150 yang dianggap selangkah lebih maju dibandingkan R15.

Jelas untuk mendongkrak penjualan sekaligus mengimbangi popularitas All New Honda CBR150, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mesti melakukan perubahan total pada Yamaha R15. Apalagi motor terbaru Honda tersebut juga berpotensi besar terus menggerus pasaran R15 di Indonesia.
Seperti yang dilansir www.semisena.com, Selasa 31 Mei 2016, Ternyata untuk mengantisipasi All New Honda CBR150R sendiri, YIMM telah menyiapkan strategi khusus. Soal strategi yang dipilih oleh YIMM, kali ini pabrikan berlogi garputala tersebut tampaknya lebih memilih melakukan ‘minor change’ untuk rival dari CBR150R ini. Indikasinya dapat kita lihat dari kode Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) yang dilemparkan Yamaha ke Kementerian Perindustrian. Dengan kode produksi Yamaha 2PK, menunjukkan bahwa Yamaha R15 Facelift meluncur tak lama lagi. Hal ini merujuk pada kode produksi Yamaha R15 saat ini yang memiliki kode sama, 2PK.
Digadang-gadang bakal membawa kubikasi mesin yang lebih besar lagi atau bahkan ada yang menyebut membawa DOHC 150cc, justru banyak prediksi yang menyatakan Yamaha R15 hanya akan mengalami minor change. Perubahan tersebut hanyalah perubahan yang mencakup desain tampilan saja atau sekedar facelift. Lantas di bagian mesinnya, Yamaha R15 Facelift dikabarkan tetap membawa mesin yang sama yaitu mesin 150cc SOHC 4-klep 6-speed Liquid Cooled.
Saat ini sendiri Yamaha memang dirumorkan sedang menyiapkan platform mesin baru yaitu SOHC VVA atau mungkin juga mesin DOHC untuk kelas 150cc. Tetapi tampaknya, untuk mesin generasi terbaru tersebut sejauh ini masih dalam tahap pengembangan (development) dan belum diimplementasikan dalam waktu dekat. Sebaliknya Yamaha R15 dengan tampilan baru kemungkinan segera meluncur dalam waktu dekat