Olahraga 4 Menit Ini Punya Manfaat Seperti 1 Jam di Gym

Berapa lama waktu yang biasa Anda habiskan untuk berolahraga? Umumnya, para wanita yang pergi ke gym berolahraga selama kurang lebih satu jam.

Melakukan latihan fisik tidak harus pergi ke gym tapi juga bisa di rumah. Tak perlu juga memakan waktu lama karena ada gerakan-gerakan yang bisa dilakukan dalam tempo singkat tapi punya manfaat sama seperti pergi ke gym. Berikut olahraga yang bisa dilakukan hanya dalam empat menit dan mempunyai manfaat seperti Anda latihan selama satu jam di rumah kebugaran.

1. Jumping Jacks (45 Detik)
Anda tentu tahu bagaimana melakukan gerakan jumping jacks. Anak-anak saja sudah diajarkan latihan dengan melebarkan-menutup tangan dan kaki tersebut. Gerakan dilakukan dengan merentangkan tangan ke bawah dalam kaki tertutup. Lalu melompat sambil melebarkan kedua kaki dan kedua tangan ke atas kepala. Lakukan gerakan ini berulang selama 45 detik. Jumping jacks berguna untuk meningkatkan daya tahan otot kaki juga tangan dan bagus buat cardio.

2. Squats (1 Menit)
Setelah jumping jacks, lakukan squat. Squat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat seperti latihan di gym. Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu lalu menurunkan tubuh secara perlahan menggunakan otot perut. Lakukan sikap squat selama satu menit. Squat bagus untuk kekencangan otot perut hingga bagian intim wanita.

3. Push up (30 Detik)
Usai melakukan squat lanjut dengan push up selama 30 detik. Mulailah dengan tangan melebar di lantai dan tubuh berada dalam garis lurus. Jika Anda seorang pemula sebaiknya tangan lebih lebar dari bahu tidak sejajar. Lalu biarkan kedua lutut menyentuh lantai agar gerakan terasa lebih ringan. Push up akan membantu tubuh lebih bugar dan memperkuat otot perut, lengan, dan kaki.

4. Mountain Climbers (30 Detik)
Pasca push up lakukan mountain climbers selama 30 detik. Mulailah dengan posisi seperti push up, tangan selebar bahu. Kemudian tarik lutut sampai sebatas dada kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan hal yang sama pada lutut lainnya. Latihan ini bagus untuk otot lengan dan bahu Anda. Manfaatnya menjaga stabilitas dan kekuatan tubuh.

5. Menekuk Lutut (1 Menit)
Terakhir lakukan gerakan menekuk lutut, berdiri, menekuk kembali terus berulang sampai satu menit. Berdiri dengan kedua tangan bertolak pinggang lalu tekuk lutut hingga hampir menyentuh lantai dan posisi lutut lainnya berada di posisi 90 derajat. Kemudian berdiri dengan posisi lurus, kaki rapat. Bila sebelumnya Anda menggunakan lutut kiri yang hampir menyentuh lantai, setelah berdiri kembali lakukan pada yang kanan. Gerakan ini bagus untuk melatih otot-otot kaki Anda.