[caption id="attachment_7804" align="aligncenter" width="500"] Ketua GOW Kabupaten Tanggamus Dewi Handajani saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Daerah untuk mensosialisasikan Pep Smear. Dalam kunjungan tersebut, Dewi juga menghimbau agar wanita tidak takut untuk melakukan pemeriksaan berkala. PeNa.Opoy[/caption]

TANGGAMUS-Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanggamus yang di Ketuai Dewi Handajani, menggelar kegiatan Bhakti Sosial pap smear. Kegiatan tersebut dianggap penting untuk untuk wanita, terutama yang aktif melakukan hubungan seks dan sudah pernah melahirkan. Namun, tak cuma soal Pap smear secara rutin tapi juga persiapan melakukannya  harus benar agar hasilnya optimal

Deteksi dini Kanker mulut rahim dan Kanker Payu darah yang berlangsung di Gedung Aula Rumah Sakit Umum Daerah Kotaagung, Rabu (16/3). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka ikut andil GOW untuk memperingati Hari jadi Kabupaten Tanggamus yang Ke-19.
Selain itu juga bertujuan menjadikan wanita Tanggamus agar berkualitas terutama kualitas kesehatannya, sehingga dapat mampu mengembangkan potensinya di segala bidang.
Dalam sambutannya Bunda Dewi  mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan setiap tahun karena menurut ia kaum wanita memiliki hak yang sama agar  memiliki produktifitas yang tinggi, bunda melanjutkan pruduktifitas yang tinggi dapat diperoleh melalui kualitas hidup yang baik, dengan cara memiliki kesehatan yang baik, termasuk yang dilaksanakan oleh GOW ini merupakan usaha kita dalam menjaga kesehatan yang sering menimpa kaum wanita.
“Kanker rahim merupakan pembunuh kedua bagi kaum wanita, oleh karena itu kami mengajak agar sedini mungkin diketahui melalui pemeriksaan agar semakin mudah dan cepat penanganannya,”kata Bunda Dewi.
Kepada wanita agar jangan merasa takut untuk memeriksakan rahimnya karena jika sedini mungkin kita ketahui adanya kanker dengan alat canggih yang dimiliki kedokteran.

“Ini adalah upaya kita dalam menciptakan kesehatan kita masing-masing karena peran wanita sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, dengan sehat insyaallah  umur kita panjang dan dapat lebih banyak berbuat kebaikan di tengah masyarakat, keluarga dan Negara,” pungkasnyas

 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur RSUD Kotaagung Dirhamsyah Riva’I, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ida Mukhlis, Wakil Ketua TP PKK Hj. Afillah Samsul, Ketua Persit Tanggamus. (PeNa Opoy)