[caption id="attachment_7665" align="aligncenter" width="500"] Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, didampingi ketua TP PKK Hj.Dewi Handajani sedang meneteskan vaksin Polio. PeNa.Opoy[/caption]

TANGGAMUS (PeNa)-Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, menghadiri acara Gema Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dipusatkan di Pekon Banjar Sari Kecamatan Wonosobo, Senin (8/3).
Dalam sambutannya Bupati mengharapkan pekan PIN Polio dapat memberikan perlindungan secara optimal dan merata bagi seluruh bayi dan balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio di Kabupaten Tanggamus.
“Oleh karena itu pemerintah sangat mendukung penuh imunisasi yang akan diberikan bagi bayi dan balita karena tujuan imunisasi itu menurunkan kesakitan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD31),” kata dia.
Bambang menambahkan, program pembangunan kesehatan di Kabupaten Tanggamus yang telah dilaksanakan senantiasa mengacu kepada pencapaian target Millinium Development Goals (MDG’s) terutama pada penurunan angka kematian anak bayi dan balita melalui pemberian kekebalan pada tubuh.
“Oleh karena itu saya sampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada ibu-ibu dengan segala kemampuannya senantiasa menjaga, mengasuh dan merawat serta memperhatikan kesehatan anak-anaknya, “ kata Bambang.
Dijelaskan, imunisasi diperbolehkan sebagai bentuk ikhtiyar untuk mewujudkan kekebalan tubuh dan mencegah terhadap penyakit hal tersebut berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi.
“Maka sekali lagi saya menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Tanggamus agar memberikan imunisasi kepada anak-anaknya demi perkembangan putra-putri kita harapan bangsa, “ pungkasnya
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Sukisno, menambahkan maksud dan tujuan PIN Polio adalah pemberian Imunisasi tambahan polio kepada kelompok sasaran bayi/balita 0-59 bulan tanpa memandang status imunisasi sasaran.
“Dengan tujuan memberikan perlindungan secara optimal terhadap virus polio serta meningkatkan cakkupan imunitas polio > 95 %,” imbuhnya. Opoy