BANDARLAMPUNG : Wakil Gubernur Bachtiar Basri mengatakan guna mencapai keberhasilan program strategis Provinsi Lampung dan sekaligus mengatasi berbagai persoalan, diperlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Provinsi Lampung termasuk Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Hal tersebut disampaikannya ketika membuka Musrenbang Kabupaten Tulang Bawang Barat, Selasa (22/3).

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam arahannya Wagub menyampaikan program pembangunan yang perlu dilaksanakan di Tulang Bawang Barat yaitu pertama penyiapan lahan di Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk dukungan pengembangan kawasan industri seluas ±5.000 ha. 

Kedua penyiapan kawasan pendukung pertanian dan peternakan masyarakat sebagai lumbung ternak. Ketiga; penyelesaian substansi teknis dan legalitas Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sebagai panduan rancang bangun penggunaan ruang, sebagai salah satu upaya meminimalisasi konversi lahan, khususnya dari lahan pertanian menjadi non pertanian.

"Selain itu akan dilaksanakan program pendidikan gratis untuk tingkat SMA/SMK/MA sesuai dengan kewenangan Pemerintah Provinsi. Untuk itu diminta Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat mendukung program pendidikan gratis untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs," jelas Wagub.

Ditambahkan Wagub, Pemerintah Provinsi juga memprioritaskan peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas dan jaringannya dengan pendekatan keluarga, dalam rangka mengurangi angka kematian ibu, bayi, dan kurang gizi.

Wagub juga meminta agar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dapat bersinergi melalui program/kegiatan Gerbang Desa Saburai dalam upaya pengentasan kemiskinan khususnya sasaran desa tertinggal di Kabupaten Tulang Bawang Barat. 

" Selain itu terkait dengan implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 diminta kepada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk segera menyelesaikan aspek P3D selambat-lambatnya pada akhir Maret 2016 ini," ujar Wakil Gubernur.

Lebih lanjut disampaikan, Musrenbang akan bahas penajaman dan penyelarasan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan. "Untuk itu berbagai program dan kegiatan daerah  perlu diintegrasikan dengan program dan kegiatan yang menjadi kewenangan pemerintah   provinsi   maupun   pemerintah  pusat, agar dikoordinasikan dengan SKPD Provinsi Lampung. Selanjutnya akan dibahas dalam forum Musrenbang Provinsi Lampung pada tanggal 5 April 2016," kata Wagub mengingatkan.

Sementara itu Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad, SP dalam sambutan singkatnya mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Wakil Gubernur dan rombongan di Tulang Bawang Barat. Umar Ahmad juga mengatakan bahwa Sinkronisasi pembangunan antara Pemerintah Kabupaten, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. " Diharapkan Pemerintah Provinsi terus memperhatikan perkembangan serta mensuport berbagai program unggulan guna kesejahteraan rakyat," ungkap Bupati.( r )