Lampung Tengah (PeNa)-Keinginan sejumlah jamaah dan ulama di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah (Lamteng) adanya bangunan miniatur Ka’abah di daerah tersebut akhirnya terwujud.

Miniatur yang sedianya digunakan untuk latihan manasik haji bagi warga setempat,dibangun di halaman Masjid Agung Baitin Nur di Kampung Raman Mukti.

Ketua Majelis Ulama Indonesia kecamatan Seputih Raman, Sukarman mengatakan didirikannya bangunan itu guna mengakomodir permintaan warga dan ulama setempat agar dalam melaksanakan ibadah haji dapat di lakukan dengan khusuk, oleh sebab itu perlu dilakukan latihan secara serius dengan menggunakan Ka’bah tiruan.

” Miniatur Ka’bah ini  bukan dibangun tanpa sebab. Bukan untuk gaya-gayaan, bukan pula pamer. tujuan pembangunan miniatur Ka'bah itu atas permintaan sejumlah ulama yang menginginkan para calon jemaah haji bisa melakukan latihan ibadah haji secara sempurna sebelum menunaikan ibadah di Tanah Suci,”jelas Sukarman, Minggu (12/2).

Sementara Bupati Lamteng, Mustafa dalam sambutannya berharap agar sarana pendukung untuk melakukan latihan ibadah haji itu digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga jamaah yang berasal dari Seputih Raman mampu beribadah Haji dengan khusuk.

Selain itu Mustafa menyarankan agar warga Seputuh Raman yang berniat Haji untuk mempersiapkan diri sejak dini terutama dengan persoalan dukungan keuangan, mengingat jika melakukan pendaftaran saat ini peluang untuk diberangkatkan minimal masuk dalam daftar tunggu selama tujuh tahun atau lebih.

Mustafa sangat mengapresiasi semangat warga Seputih Raman yang mampu mewujudkan adanya bangunan miniature Kabah tersebut, mengingat  keinginan itu telah beberapa tahun lalu di rencanakan.