index

BANDARLAMPUNG (PeNa)-Sejumlah pemilik media cetak mengeluhkan adanya dugaan pemotongan yang dilakukan oleh Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) terkait dengan pencairan dana advertorial dan iklan.

Salah satu Pimpinan  Media Harian yang enggan diberitakan namanya mengungkapkan, pihaknya mendapatkan kerjasama dari Bagian Humas dengan melakukan penerbitan Advertorial selama satu tahun sebesar Rp 13 juta.

Selama satu tahun tahun tersebut, sambungnya, penerbitan pertama kali pada bulan Februari lalu dengan menerbitkan Advertorial pelantikan Bupati/Walikota hasil Pilkada.

“ Saat mau mencairkan dana itu kami kaget, karena potongannya hampir 30 persen, bagaimana tidak SPJ dan kwintasi yang kami tanda tangan nilainya Rp 2.300.000 Tapi ternyata ada potongan lain yang katanya untuk uang administrasi, alhasil yang kami dapatkan hanya Rp 1.650.000 saja, jika itu dipotong PPN dan PPH seharusnya yang kami terima sebesar Rp.2.049.000,”ungkapnya, Kamis (31/3).

Dikatakannya, sejak awal Bagian Humas dan Protokol tidak ada pemberitahuan sebelumnya jika pada pencairan dan itu nantinya akan ada pemotongan selain dari pajak PPN/PPH.

“Dari awal tidak ada komitmen seperti itu, kami ini hanya media kecil jika terus menerus seperti itu maka lebih baik untuk kedepan akan kami tolak saja,”keluhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemprov Heriansyah membantah jika dalam pencairan dana itu dibebankan potongan diluar dari pajak PPN/PPH.

“Tidak ada potongan sebesar itu, nanti saya konfirmasi ke bagian yang menanganinya,”kilahnya.

Sementara pendapat berbeda justru dikemukan Eka, Staf Bagian Humas yang menangani pencairan dana itu. Ia membenarkan jika ada potongan sebesar lima Persen ketika pihak media akan mencairkan dana itu.

Dan hal itu menurut Eka merupakan kesepakatan bersama baik media cetak maupun media online

“ Ya memang dipotong kan sudah komitmen awal dan juga kan Cuma lima persen saja, ya anggaplah untuk uang lelah beli kopi, kan tidak mungkin kami harus minta uangnya Pak Heri,”singkatnya.

Diketahui di tahun anggaran 2016 bagian Humas dan Protokol Pemprov Lampung mengalokasikan anggaran untuk Peliputan Kegiatan Provinsi Lampung sebesar Rp.899.000.000 dan kegiatan Penyajian dan Penerangan Informasi Melalui Media Surat Kabar Harian dan Mingguan sebesar Rp.793.400.000.

Dari dua kegiatan tersebut yang berjumlah Rp. 1.692.400.00 akan dialokasikan untuk kerjasama dengan media melalui penerbitan Advertorial dan Iklan, jika dalam setiap pencairan dilakukan potongan yang secara keseluruhan mencapai 28 Persen maka dipastikan Bagian Humas akan menangguk keuntungan sebesar Rp. 473.872.000 dalam satu tahun.(PeNa/Bung)