LAMTENG : Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah siap menganggarkan dana Rp 5 miliar untuk perbaikan jembatan Way Tetayan di kampung Sendang Asri Kecamatan Sendang Agung Lampung Tengah.
Demikian diungkapkan Mustafa saat meninjau kondisi jembatan Tetayan, Senin, (07/03/2016) malam.
Mustafa, mengatakan keberadaan jembatan ini sangat vital‎. Karena menurutnya, jembatan ini menjadi penghubung, antar kecamatan dan kabupaten.
"Keberadaan jembatan ini sangat vital. Jembatan ini menghubungi Kecamatan Sendang Agung, Pubian, Selagai Lingga, dan juga menjadi penghubung ke Kabupaten Pringsewu,"kata Mustafa.
Ia menargetkan tahun 2016 perbaikan jembatan sudah selesai dikerjakan dan bisa digunakan. Sehingga perekonomian disini bisa kembali berjalan dengan lancar.
Dalam kunjungan itu Mustafa di dampingi Camat Sendang Agung, anggota DPRD Lamteng, Mudasir dan M. Ghofur. Selain itu tampak pula‎ Kasat Pol PP Lamteng, Barmawi, dan seluruh aparatur perangkat Kecamatan setempat.
Langkah ini disambut baik warga setempat yang sudah lama menantikan perbaikan jembatan. Sadiran, salah satu warga mengatakan, sudah setahun lebih warga atau pengendara yang ongin melintas di jalan tersebut harus memutar karena jembatan tidak bisa dilalui.
"Bersyukur sekali, akhirnya ada rencana perbaikan. Jembatan ini memang vital karena berada di jalur utama dan menghubungkan beberapa  kampung, kecamatan bahkan kabupaten. Mudah-mudahan perbaikan segera direalisasikan," harapnya.
Sekedar diketahui, Jemabatan Way Teyayan di kampung Sendang Asri, Kecamatan Sendang Agung, Lampung Tengah putus pada Januari 2015 lalu. Putusnya‎ jembatan ini disebabkan hujan deras yang mengguyur kampung itu.
Akibat luapan air hujan itu jembatan sepanjang 32 meter, dengan lebar 5 meter dan tinggi 6 meter tersebut putus jadi dua dan roboh.
Runtuhnya jembatan Way Tetayan diduga karena pondasi beton sebagai penyangga ambles. Akiba putusnya jembatan yang merupakan satu-satunya akses menuju Lampura dan Pringsewu, membuat lalulintas lumpuh total. (Info lamteng)