SUKABUMI – Sebanyak 50 warga Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan setelah memakan hidangan saat syukuran empat bulanan salah satu warga di Kampung Cikarae RT 03/RW 05 Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kamis 24 Maret 2016.
Berdasarkan data yang dihimpun, ada 21 korban dugaan keracunan tersebut dirawat di RSUD Palabuhan Ratu. Sedangkan untuk sisanya dirawat di Puskesmas Cikakak.
Camat Cikakak, Udin Saprudin mengatakan, warganya mulai merasa mual, pusing dan lemas setelah beberapa jam memakan rujak, nasi uduk serta rendang yang disajikan di acara syukuran tersebut. Saat kejadian warga langsung dirujuk ke Puskesmas untuk ditangani.
"Untuk yang kondisinya agak parah, dibawa ke rumah sakit," ujarnya,sebagaiman yang dilansir okezone.com, Jumat (25/3/2016)
Udin mengatakan, untuk yang di Puskesmas, saat ini sudah diperbolehkan pulang lantaran kondisinya mulai membaik. Sedangkan yang dirawat di rumah sakit masih dalam perawatan di Instalasi Gawat Daruta (IGD).
"Untuk korban yang di rumah sakit, belum diketahui pulangnya kapan," tutur dia.
Sementara itu, Humas RSUD Palabuhan Ratu, Billy Agustian membenarkan jika ada warga Desa Cimaja yang dirawat akibat dugaan keracunan. Menurutnya, para korban tersebut datang ke rumah sakit sekira pukul 23.30 WIB.
"Hingga Jumat pagi terdata sebanyak 21 pasien akibat dugaan keracunan makanan," terangnya.
Saat ini, kata Billy puluhan pasien dugaan keracunan ini masih mendapan penanganan tim medis di IGD dan tidak ada yang masuk ke ruang rawat inap. Semua pasien hingga Jumat pagi ini kondisinya mulai pulih dan membaik.
"Mereka tidak terlalu parah keracunannya, namun tetap tim medis masih terus mengobservasi seluruh pasien," pungkasnya. PeNa