Ahok Akan Cermati Uji Coba Jakarta Tanpa 3 In 1

Jakarta - Selasa 5 April ini, uji coba lalu lintas Jakarta tanpa 3 in 1 akan dilakukan. Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) akan mencermati uji coba ini, apakah tanpa 3 in 1 lalu lintas Jakarta bakal sama saja atau tidak.

"Kan baru uji coba, kita lihat, apakah sama atau tidak," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Ahok punya praduga, sebenarnya sistem 3 in 1 juga tak begitu mengurangi kemacetan di jalanan. Soalnya, sistem tiga dalam satu itu malah membuahkan banyak joki.

"Sebenarnya enggak ada pengaruh, karena orang-orang juga pakai joki, dan bahkan bayi juga jadi korban (jadi joki)," kata Ahok.

"Nanti setelah evaluasi, kita ngomong (penilaian akhir)," imbuh Ahok soal uji coba Jakarta tanpa 3 in 1.

Ada ide awal, 3 in 1 bakal ditiadakan bila sistem jalan berbayar alias Electronic Road Pricing (ERP) sudah berjalan. Hingga sekarang, kemajuan pembangunan sistem ERP masih pada tahap niatan lelang.

Namun Pemprov DKI tak akan bekerjasama denga swasta. Soalnya, Pemprov ingin menjadikan ERP sebagai pengendali kemacetan, bukan pencari keuntungan.

"Saya kan ERP bukan buat cari uang tapi mengatur lalu-lintas. Kita bisa aja gratiskan kalau ini kosong gratiskan supaya penuh. Itu bisa atur. Tapi kalau swasta, dia bisa-bisa berantem sama kita karena enggak mau menurunkan harga," kata Ahok.
dtk-801