IMG_20160404_155815

BANDARLAMPUNG (PeNa)-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera membentuk Kantor UPTD Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung di Kabupaten/Kota. Hal ini dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang pertambangan dan energi bagi masyarakat di Provinsi Lampung. Demikian disampaikan dalam rapat pembahasan penyediaan gedung untuk Kantor UPTD Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung di ruang rapat Asisten, Senin (04/04/2016).

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam arahan Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis ketika memimpin rapat menjelaskan dengan berlakunya UU No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, terjadi peralihan beberapa urusan Pemerintah Kabupaten kepada Pemerintah Provinsi yang salah satunya di bidang pertambangan dan energi.

Menindaklanjuti hal tersebut, berdasarkan Peraturan Gubernur Lampung No.34/2015 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung maka akan dibentuk 5 UPTD yakni UPTD Wilayah I Bandar Lampung, UPTD Wilayah II Metro, UPTD Wilayah III Tulang Bawang, UPTD Wilayah IV Pringsewu dan UPTD V Kotabumi.

"Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan sarana berupa lahan kantor UPTD agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing di bidang pertambangan dan energi", jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Perlengkapan dan Aset Daerah Lukmansyah menjelaskan dalam memenuhi penyediaan kantor tersebut maka pihaknya telah memiliki rencana alternatif diantaranya untuk UPTD Wilayah I Bandar Lampung akan menggunakan Ex. Kantor BNN dan Kantor UPTD Penguatan Modal Dinas Koperasi di Way Lunik. Untuk UPTD Wilayah II Metro akan menggunakan Ex. Rumah Dinas Pengairan pada UPTD Way Seputih Sekampung Metro Dinas Pengairan & Pemukiman Provinsi Lampung. Untuk UPTD Wilayah III Tulang Bawang akan menggunakan Rumah Jaga PU Bina Marga yang berlokasi di Tulang Bawang, Untuk UPTD Wilayah IV Pringsewu akan menggunakan Ex. Samsat Pringsewu dan untuk UPTD Wilayah V akan menggunakan Rumah Dinas Bina Marga.

"Lokasi ini merupakan alternatif rencana untuk penyediaan 5 Unit Kantor UPTD Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung dan diharapkan akan mendapatkan masukan dan pendapat tehadap SKPD sebagai pengguna barang yang mengelola aset", ujarnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah acara ini dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Pengairan dan Pemukiman, Dinas Pendapatan Daerah serta SKPD Terkait lainnya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (PeNa)