Ya Ampun! Mata Atlet Basket Ini Copot Ketika Bertanding

 Atlet basket Australia Akil Mitchell (24) ketika bertanding Kamis (26/1) lalu dilaporkan mengalami cedera yang tak biasa. Di tengah pertandingan tak sengaja jari dari lawan menusuk mata membuat bola matanya copot keluar.

Saat itu Mitchell langsung jatuh tersungkur sambil menutup mata sebelah kiri dan langsung di bawa ke rumah sakit.

"Dengan telapak tangan saya bisa merasakan kalau mata saya berada di sisi wajah. Saya masih bisa melihat dengan mata itu," kata Mitchell seperti dikutip dari BBC dan dikutip pada Senin (30/1/2017).

"Saya ingat berpikir 'Ya ampun... ini sepertinya cukup buruk', dan saat itu saya mulai merasa panik ketakutan," lanjut Mitchell yang mengira bahwa karirnya sebagai atlet basket akan selesai.

Beruntung karena tidak ada kerusakan yang berarti tim medis di rumah sakit dapat mengembalikan posisi mata Mitchell seperti semula. Dirinya diperkirakan dapat pulih total dalam waktu dekat dan bertanding seperti sedia kala.

Spesialis mata dr Stuart Dankner dari Johns Hopkins Hospital mengatakan bola mata pada beberapa kasus memang bisa copot keluar dari kantongnya. Namun demikian bukan berarti bola mata tersebut benar-benar jatuh karena masih ada saraf optik yang menahan.

Bila memang terjadi dr Dankner menyarankan agar jangan mencoba sendiri menempatkan kembali mata ke posisinya. Minta bantuan dokter ahli untuk memperbaiki mata dan memberikan salep antibiotik.

"Anda bisa saja mendorong bagian yang salah dan malah menambah banyak masalah," pungkas dr Dankner.