Cannavaro Ingin Latih Timnas Italia

Roma - Fabio Cannavaro mengungkapkan keinginannya untuk melatih tim nasional Italia. Meski belum punya banyak pengalaman sebagai pelatih, Cannavaro merasa siap.

Saat masih aktif sebagai pemain, Cannavaro mengoleksi 136 caps bersama timnas Italia. Dia menjadi kapten tim saat Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006 lalu.

Cannavaro gantung sepatu pada 2011 dan setelahnya terjun ke dunia kepelatihan. Dia memulainya dengan menjadi asisten pelatih di klub Uni Emirat Arab, Al-Ahli. 

Cannavaro kemudian dipercaya menggantikan Marcello Lippi sebagai pelatih klub China, Guangzhou Evergrande. Tak bertahan lama di Guangzhou, dia menukangi klub Arab Saudi, Al-Nassr, pada Oktober 2015-Februari 2016.

Cannavaro saat ini tengah menganggur. Namun, jika diberi kesempatan untuk menggantikan Antonio Conte di timnas Italia selepas Piala Eropa 2016, dia akan dengan senang hati menerimanya.

"Saya ingin menjadi pelatih tim nasional," ujar Cannavaro,sebagaimana yang dilansir detik.com.

"Itu adalah peran yang sulit, tapi saya tahu situasinya. Saya di sana selama 15 tahun. Ketika seorang mantan pemain tetap berada di dalam permainan dan dia diberi tahu bahwa dirinya tak punya pengalaman, saya tak memahaminya," imbuh Cannavaro yang sekarang berusia 42 tahun.

"Itulah sepakbola. Tak ada yang bilang ke (Pep) Guardiola bahwa dia butuh pengalaman karena dia punya (Lionel) Messi, (Samuel) Eto'o, dan Ronaldinho. Namun, kalau dia tidak sukses, maka itulah yang mereka katakan," kata mantan pemain Parma, Inter Milan, Juventus, dan Real Madrid itu. PeNa