Fernando Alonso (Foto: Twitter Formula One)

MELBOURNE – Legenda Formula One (F1), Niki Lauda menilai kokpit Halo bukan jawaban untuk menghindari insiden kecelakaan di ajang F1. Pernyataan itu disampaikan Lauda pasca-terjadinya kecelakaan yang terjadi di seri Melbourne, Minggu, 20 Maret 2016.
Insiden tersebut melibatkan Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez. Akibat insiden tersebut, mobil Alonso mengalami kerusakan parah.
Lauda menilai, penggunaan kokpit Halo mempersempit ruang pembalap di dalam mobil. Insiden yang terjadi di seri pembuka F1 musim ini tersebut dapat saja memakan korban jika Alonso tidak segera keluar mobil.
“Pada kecelakaan itu, kokpit Halo tidak dapat berbuat apa-apa. Penggunaannya menyebabkan ruang gerak pembalap semakin sempit,” tutur Lauda, seperti yang dilansir okezone.com, Selasa (22/3/2016).
Meski demikian, Lauda tak memungkiri penggunaan kokpi Halo lah yang meghindari Alonso dari benturan kepala. “Karena ruang gerak yang sempit, jadi kepala tidak membentur benda keras, seperti dinding dan tembok,” jelas Lauda. PeNa