Praveen/Debby (Foto: Aditya Wahyutomo/Okezone)

JAKARTA – Gelar juara All England 2016 adalah salah satu bukti kerja keras yang dilakukan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto. Praveen/Debby diketahui selalu berlatih sepanjang tahun. Bahkan, keduanya bisa dikatakan tidak memiliki hari libur.
Hal ini disampaikan langsung oleh sang pelatih, Richard Mainaky. Richard mengungkapkan, dirinya selalu melatih Praveen/Debby sepanjang tahun. Di saat para pebulutangkis di pelatnas belum memulai sesi latihan, ganda campuran andalan kedua Indonesia itu sudah lebih dulu berlatih.
“Tidak ada istilah lebih awal bagi saya (saat melatih Praveen/Debby lebih dulu). Saya memang persiapkan mereka terus sepanjang tahun,” ungkap Richard di XXI Lounge, Plaza Senayan, seperti yang dilansir okezone.com, Jakarta, Selasa (22/3/2016).
Meski tidak bisa menikmati libur, hal itu rupanya tidak menjadi masalah bagi Debby. Ketimbang mengeluh, pebulutangkis berusia 26 tahun itu menilai latihan sepanjang tahun lebih banyak memberikan dampak positif.
“Kalau pengaruh pasti ada, karena di saat yang lainnya libur, tapi kami sudah latihan. Cuma, kami sih mikirnya itu buat nabung saja ya. Nabung sedikit-sedikit latihan,” papar atlet kelahiran Palembang tersebut. PeNa